Nasi Putih vs Nasi Merah, Mana yang Lebih Baik untuk Diet?

Bagi orang Asia, khususnya orang Indonesia, rasanya belum makan kalau belum melahap nasi. Gak heran, nasi memang bikin efek kenyang yang memuaskan untuk perut masyarakat Indonesia. Namun, beberapa dekade belakangan ini, masyarakat mulai menyadari pentingnya kesehatan sehingga mulai memperhatikan konsumsi karbohidrat yang benar dan mampu dicerna tubuh dengan baik.

1. Nasi putih vs nasi merah, apa bedanya?

Nasi putih dianggap lebih banyak mengandung gula sehingga dibatasi konsumsinya, khususnya bagi penderita diabetes dan mereka yang sedang berdiet. Sebagai gantinya, nasi merah menjadi idola baru yang dianggap lebih menyehatkan. Tapi apakah benar? Faktanya…

2. Nasi merah lebih kaya nutrisi

Satu cangkir nasi merah dipercaya mengandung fosfor dan magnesium 88 persen lebih banyak daripada nasi putih. Begitu juga dengan kandungan zat besinya 2,5 kali lipat lebih tinggi. Mengonsumsi satu porsi nasi merah sudah mencukupi kebutuhan magnesium harian.
Sementara nasi putih, sedikit ‘kurang’ beruntung daripada nasi merah. Karena prosesnya dari beras hingga menjadi nasi, membuatnya kehilangan 60 persen zat besi dan vitamin-vitamin lainnya.
nasiputih2

3. Nasi putih mengandung lebih sedikit kalori

Selama ini kita berpikir bahwa nasi putih mengandung lebih banyak kalori. Padahal, anggapan ini ternyata salah. Nasi putih justru mengandung lebih sedikit kalori daripada nasi merah, yaitu hanya 206 kcal. Sedangkan, nasi merah 216 kcal.

4. Untuk menurunkan berat badan, mana yang lebih efektif?

Nasi merah dipercaya jadi pilihan yang lebih sehat karena kandungan seratnya memfasilitasi gerak usus yang lebih baik, sehingga efektif untuk menurunkan berat badan. Ya, hal ini memang benar. Nasi putih memang lebih tinggi karbohidrat dan rendah serat, sehingga bagi mereka yang berdiet, sebaiknya menakar porsi secukupnya.

5. Untuk urusan rasa, mana yang lebih enak?

Nasi merah memang lebih banyak serat dan terdiri dari beberapa lapisan, sehingga lebih susah dicerna dan ditelan. Untuk urusan rasa, memang nasi putih lebih enak dan lebih mudah dicerna.
Lalu, manakah yang lebih baik untuk diet? Yang perlu kamu ingat adalah seporsi nasi putih tidak serta-merta bisa membuatmu gendut, begitu pula sebaliknya. Mengonsumsi seporsi nasi merah saja, tanpa berolahraga, tidak akan membuatmu langsing seketika.
Karena nutrisi dan efeknya hampir sama, maka pilihlah yang sesuai dengan selera lidahmu. Tetap kontrol porsinya dan perbanyak berolahraga agar mencapai berat badan ideal.