Cara Membedakan Madu Asli dan Palsu

Madu memang terkenal banyak khasiatnya. Tak heran, banyak kalangan yang mengincar hasil olahan lebah ini. Namun sayangnya, masih banyak pihak yang melakukan kecurangan demi mendapatkan keuntungan dengan cara mencampurkan gula atau pemanis buatan.

Padahal, biasanya penderita diabetes menggunakan madu sebagai pemanis alternatif. Sehingga, akan berakibat fatal jika salah membeli madu yang telah ditambah gula. Berikut ini ada beberapa tips untuk mengetahui keaslian madu biar gak salah beli.

1. Ambil madu dengan sendok, kemudian angkat

Biasanya sebelum membeli, penjual akan mempersilahkan kita mencobanya. Pada tester yang diberikan, cobalah memasukan sendok atau pengaduk ke dalam madu. Kemudian, angkat pengaduknya kira-kira 5-10 cm dari tempatnya.

Madu yang berkualitas, cairannya tidak akan putus-putus. Madu asli akan sulit untuk diputus alirannya karena teksturnya sangat kental. Sebaliknya, kalau madu pada sendok yang diangkat mudah diputus, sebaiknya kamu mencari merek lain.

 

2. Siapkan segelas air putih saat membeli madu

Cara lainnya adalah dengan mencelupkan madu ke dalam air. Madu murni tidak akan mudah larut dan langsung jatuh ke dasar gelas yang telah diisi air. Berbeda dengan madu dengan kualitas yang kurang baik, dia akan mudah larut atau terapung di permukaan air.

 

3. Meneteskan madu di permukaan kertas

Kertas yang telah dilapisi madu asli dengan kualitas baik tidak akan mudah robek atau tembus ke sisi sebaliknya. Namun, apabila kertas yang diolesi madu mudah untuk robek dan tembus, bisa saja sudah dicampur air dan mengurangi khasiatnya.

4. Madu yang asli tidak terkaramelisasi

Kalau sudah terlanjur membeli madu, bisa dicoba memanaskan madu yang kamu miliki tanpa ditambahkan bahan apa pun. Madu yang telah dicampur gula, akan menggumpal atau terkaramelisasi. Sedangkan madu yang asli, akan tetap berbentuk cairan dan hanya menunjukan buih meski setelah dipanaskan. Perubahan rasanya pun tidak signifikan.

 

5. Jangan menyimpan madu di kulkas

erbeda dengan madu campuran, madu yang asli tidak mudah membeku di lemari es. Namun, untuk menjaga kemurnian madu, sebaiknya kamu tetap menyimpannya pada suhu ruangan. Suhu kulkas yang lebih rendah akan membuat tempat yang digunakan untuk menyimpan madu berembun.

Kalau embun berupa tetesan air ini tercampur dengan madu, akhirnya sama seperti madu yang telah dicampur air. Khasiatnya pun akan berkurang.

Nah, sudah tahu kan perbedaan madu asli dan “palsu” Jangan sampai salah beli ya. Perhatikan pula cara menyimpannya.

Suka Artikel ini? Jangan lupa klik tombol Share yaa..

Resep menarik lainnya